WebGL Globe

    
    WebGL (Web Graphics Library) adalah JavaScript API untuk rendering grafis 3D interaktif dan grafis 2D dalam browser web yang kompatibel tanpa menggunakan plug-in. WebGL terintegrasi sepenuhnya ke semua standar web browser yang memungkinkan penggunaan percepatan GPU fisika dan pengolahan gambar dan efek sebagai bagian dari kanvas halaman web. Elemen WebGL dapat dicampur dengan elemen HTML lainnya dan composited dengan bagian-bagian lain dari latar belakang halaman atau halaman. WebGL program terdiri dari kode kontrol ditulis dalam JavaScript dan kode shader yang dijalankan pada komputer Graphics Processing Unit (GPU). WebGL dirancang dan dipelihara oleh Kelompok Khronos non-profit.

    WebGL biasanya digunakan untuk desain web dan game 3D yang berbasis web. WebGL juga juga digunakan oleh beberapa peneliti untuk tujuan sains. Sebagai contoh, dalam buku yang berjudul "Cellular Automata", peneliti menggunakan WebGL untuk mensimulasikan alur Debris. Sedangkan pada paper "Visualization of molecular structures using state-of-the-art techniques in WebGL", peneliti mensimulasikan molekul didalamnya. NASA juga membangun aplikasi web yang interaktif yang disebut Experience Curiosity untuk merayakan ulang tahun ketiga dimana Curiosity Rover mendarat di Mars.

    WebGL didesain berdasarkan fungsi-fungsi yang ada pada OpenGL ES 2.0, kemudian dibangun dengan elemen HTML5 <canvas> dan diakses dengan menggunakan Document Object Model (DOM).

    WebGL berawal dari percobaan yang dilakukan oleh Vladimir Vukićevic ketika berada di Mozilla. Vukićevic pertama kali mendemonstrasikan prototipe Canvas 3D pada tahun 2006. Dipenghujung tahun 2007, Mozilla dan Opera mulai membangunnya secara terpisah. Baru pada awal 2009, Khoronos Group mulai serius dalam membangun project WebGL dengan kerjasama dengan berbagai perusahaan seperti Apple, Google, Mozilla, Opera dan lain-lain. Pada bulan Maret 2011, WebGL 1.0 akhirnya dirilis dengan kerja keras selama bertahun-tahun. Dengan dirilisnya WebGL, mulai banyak vendor aplikasi multimedia seperti Autodesk, Fusion 360, AutoCAD 360 antusias membangun porting aplikasinya agar WebGL semakin canggih.


0 komentar:

Posting Komentar