Tools uDig Pada GIS

     uDig adalah program perangkat lunak GIS yang diproduksi oleh komunitas yang dipimpin oleh perusahaan konsultan yang berbasis di Kanada, Refractions Research. Ini didasarkan pada platform Eclipse dan fitur GIS Open Source berlapis penuh. Ini ditulis dalam Java dan dirilis di bawah lisensi EPL dan BSD (sebelumnya di bawah GNU LGPL ). uDig memiliki panduan dalam Flash dan juga petunjuk mulai cepat bagi mereka yang ingin menyelesaikan versi lengkap untuk menulis plug-in atau berkontribusi pada versi utama.
     uDig dapat menggunakan GRASS untuk operasi vektor yang kompleks dan juga menyematkan JGRASS dan alat hidrologi khusus dari Horton Machine. Ini mendukung shapefile, PostGIS, WMS, dan banyak sumber data lainnya secara native. uDig umumnya digunakan sebagai kerangka kerja untuk membangun platform dan aplikasi GIS lainnya. Aplikasi semacam itu termasuk DIVA-GIS dan DEWS - Sistem Peringatan Dini Jauh untuk tsunami.

Fitur
  • Dibangun di Jawa, di bawah lingkungan Eclipse (Sebagai gvSIG).
  • Kebebasan untuk mengkonfigurasi antarmuka patut ditiru, karena bisa menyeret jendela hampir di mana saja, jalankan di latar belakang, tarik eksternal dan internal, kurangi tombol dan bebas memodifikasi tepi frame.
  • Kecepatan eksekusi sangat bagus (meski di Jawa, saya sudah mencobanya dari a Acer Aspire One, dengan Windows XP); Ini berjalan di Linux dan Mac, jelas dengan kinerja yang lebih baik.
  • Sedangkan untuk membaca format vektor, terbatas dengan file diskrit (tidak membaca dengan, kml, dxf, atau dwg) tetapi yang diasap (gml, xml). Satu-satunya tradisional yang dibaca adalah bentuk file.
  • Dengan gambar raster juga memiliki keterbatasan, namun Anda dapat tetap menggunakan layanan wms dan layanan online lainnya.
  • Adapun database itu sendiri adalah kuat, ArcSDE, DB2, MySQL, Oracle Spatial, PostgreSQL/ PostGIS dan WFS, jadi melalui beberapa ini bisa mengintegrasikan data vektor yang tidak diakses secara konvensional.
  • uDigGrid, skala bar dan legenda terintegrasi seolah-olah mereka adalah lapisan. Ini menarik karena mereka bukan fungsionalitas dari antarmuka penyebaran tetapi dari data. Meskipun konfigurasinya rumit (pada kesan pertama)
  • Sangat menarik bahwa alat ini biasanya dilengkapi dengan contoh terstruktur, yang mencakup komunitas Kanada dan basis data global kota, negara, zona waktu, dan citra satelit. Strategi ini sangat bagus untuk memahami kemampuan Anda ketika Anda melihatnya untuk pertama kalinya, yang harus mempertimbangkan program lain yang mengunduh, menginstal, dan menghasilkan pertanyaan besar.
  • Pencarian untuk pembaruan online adalah fitur praktis lain yang harus dipertimbangkan proyek lain. Dalam hal ini, agak mirip dengan gvSIG, ada penghalang di kesan pertama, dan itu adalah bahwa kekayaan yang ada di ekstensi tidak memiliki pemasaran yang cukup atau tidak memiliki benang merah yang mempromosikan kegunaannya (dan dalam hal ini resmi). Setidaknya, dengan pembaruan online ini (yang tidak memiliki gvSIG), setelah beberapa menit pengunduhan, saya dapat melihat banyak kemampuan yang diterima dalam ekstensi Rumput, JGrass, SEXANT, Mesin Horton dan Axios dalam aplikasi hidrologi, model 3D, GPS, raser dan interaksi vektor.



0 komentar:

Posting Komentar