Geographic Information System (GIS)

Pengertian Geographic Information System 
GIS atau Geographic Information System adalah aplikasi  pengolahan data spatial dengan menggunakan sistem komputerisasi dengan menggabungkan antara data grafis dengan data atribut obyek menggunakan peta dasar digital (basic map) bergeoferensi bumi. Saat ini GIS berkembang pesat dan banyak diimplementasikan disegala bidang seperti pendidikan, kesehatan, geografi, cuaca, kependudukan, dan lain-lain. Pada dasarnya GIS menampilkan dan memberikan percepatan data-data yang diinginkan oleh pengguna dimana terdahulu hanya menggunakan metode manual namun saat ini menggunakan metode digital (Komputerisasi). Aplikasi GIS di digunakan untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Ciri utama data yang bisa dimanfaatkan dalam Sistem Informasi Geografis adalah data yang telah terikat dengan lokasi dan merupakan data dasar yang belum dispesifikasi.


Sejarah Geographic Information System
Awal dikenalnya GIS tidak lepas dari adanya kemajuan dalam bidang teknologi terutama komputer. Selama perang dunia kedua pemrosesan data mengalami kemajuan yang pesat terutama untuk memenuhi kebutuhan militer dalam memprediksi trayektori balistik. Pada awal tahun 1960-an perkembangan dalam ilmu komputer semakin pesat dan siap digunakan untuk bidang lain di luar militer. Para ahli meteorologi, geologi, dan geofisika mulai menggunakan komputer dalam pembuatan peta. Tahun 1963 di Kanada muncul CGIS (Canadian Geographic Information System), dan selanjutnya menjadi SIG pertama di dunia. Dua btahun kemudian di Amerika Serikat beroperasi sistem serupa bernama MIDAS yang digunakan untuk memproses data-data sumber daya alam.


Manfaat Geographic Information System
1.       Manajemen Tata Guna Lahan
GIS bisa membantu dalam membuat perencanaan setiap wilayah pemanfaatan lahan di kota yang dibagi menjadi daerah pemukiman, indurstri, perdaganan, perkantoran, fasilitas umum dan jalur hijau dan hasilnya bisa digunakan sebagai acuan dalam pembangunan utilitas-utilitas yang dibutuhkan.

2.       Inventarisasi Sumber Daya Alam
Manfaat GIS untuk kekayaan sumber daya alam adalah:
        1. Untuk mengetahui sumber daya alam
        2. Untuk mengetahui persebaran area lahan
        3. Memanfaatkan perubahan pembangunan lahan
        4. Rehabilitasi dan konservasi lahan

3.       Pengawasan Daerah Bencana Alam
        1. Melihat luas daerah bencana alam
        2. Sebagai pencegahan jika terjadi bencana
        3. Prediksi ketinggian banjir, tingkat kekeringan
        4. Menyusun rencana pembangunan daerah bencana

4.       Bidang Perencanaan Kota dan Wilayah
        1. Bidang sumber daya
        2. Bidang perancanaan ruang
        3. Bidang manajemen
        4. Bidang pariwisata
        5. Bidang transportasi
        6. Bidang sosoal dan budaya


Komponen Geographic Information System
PERANGKAT KERAS GIS adalah perangkat fisik sebagai tempat menjalankan perangkat lunak GIS yang merupakan bagian dari sistem komputer untuk mendukung analisis geografi dan pemetaan. Saat ini ada berbagai jenis komputer, ada yang berbasis Desktop atau server. ArcGIS Server adalah komputer server berbasis cloud tempat untuk perangkat lunak GIS yang berjalan secara virtual. Agar komputer dapat bekerja dengan maksimal, semua komponen perangkat keras harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Berikut komponen dari perangkat keras GIS:
        1.       MotherboardPapan tempat komponen utama dipasang.
        2.       Hard DriveIni juga disebut hard disk, tempat menyimpan data.
        3.       Prosessor : Komponen utama dalam komputer.
        4.       RAM : Random Access Memory (RAM) sebagai penyimpan sementara.
        5.       Printer : Berguna mencetak gambar, peta atau dokumen.
        6.       Disk Eksternal : Ruang penyimpanan portabel seperti drive USB, DVD.
        7.       Monitor : Untuk menampilkan informasi output.


Komponen selanjutnya adalah PERANGKAT LUNAK GIS alat untuk menjalankan dan mengedit informasi spasial, yang berfungsi membantu untuk meminta, mengedit, menjalankan dan menampilkan data GIS. Contoh perangkat lunak GIS ArcGis, ArcView 3.2, QGIS, SAGA GIS dan Berikut merupakan komponen dari perangkat lunak GIS:
        1.       GIS Tools : Alat utama untuk mendukung penelusuran data GIS.
        2.       RDBMS : Sistem Manajemen Database Relasional untuk menyimpan data GIS.
        3.       Query Tools : Berfungsi sebagai sistem manajemen basis data untuk query.
        4.       GUI : Antarmuka membantu pengguna untuk mempermudah pengerjaan.
        5.       Layout : Tata letak yang baik untuk mendesain peta.

Secara prinsipnya DATA terdiri dari dua jenis dalam GIS, yaitu Data Spasial : merupakan perwujudan nyata suatu daerah yang ada di permukaan bumi. Secara umum dipresentasikan dalam bentuk peta, gambar berformat digital dan disimpan dalam bentuk koordinat x,y (vektor) atau dalam bentuk image (raster) yang mempunyai nilai tertentu. Data Non Spasial : merupakan data berupa tabel yang mana tabel tersebut memiliki isi informasi yang dimiliki oleh obyek dalam data spasial. Data itu berbentuk data tabular yang satu sama lain di integrasikan dengan data spasial yang ada.

MANUSIA adalah elemen pokok dari SIG dikarenakan manusia adalah perencana dan pengguna SIG. Pengguna SIG mempunyai tingkatan seperti pada sistem informasi lainnya, dari tingkat spesialis teknis yang membuat desain dan mengolah sistem, sampai dengan pengguna yang menggunakan SIG untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Setiap masalah dalam METODE yang dimanfaatkan dalam SIG akan berbeda. SIG yang baik terikat pada aspek desain dan aspek realnya.





0 komentar:

Posting Komentar