Mengenal Data Spasial dan Format Data Spasial

Data spasial ialah sebuah data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi atau tempat-tempat di permukaan bumi. Data spasial dilambangkan dengan titik, garis, dan poligon. gejala topografi karena memiliki aspek deskriptif dan kualitatif. Sebagian besar data yang akan ditangani dalam SIG merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis, memiliki sistem koordinat tertentu  sebagai dasar referensinya dan mempunyai dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain, yaitu informasi lokasi (spasial) dan informasi deskriptif  (attribute) yang dijelaskan berikut ini:

1.    Informasi lokasi (spasial), berkaitan dengan suatu koordina t baik koordinat geografi (lintang dan bujur) dan koordinat XYZ, termasuk diantaranya  informasi datum dan proyeksi.
2.  Informasi deskriptif (atribut) atau informasi non spasial, suatu lokasi yang  memiliki beberapa keterangan yang berkaitan dengannya, contohnya : jenis  vegetasi, populasi, luasan, kode pos, dan sebagainya.



Format Data Spasial
Secara sederhana format dalam bahasa komputer berarti bentuk dan kode  penyimpanan data yang berbeda antara file satu dengan lainnya. Dalam SIG, data spasial dapat direpresentasikan dalam dua format, yaitu:
  1. 1. Data Raster
Data Raster juga disebut dengan bitmap, adalah gambar yang komposisinya terdiri atas titik-titik berbentuk bujur sangkar, yang dinamakan dengan pixel, yang disusun pada suatu grid. Setiap titik-titik pada grid tersebut masing-masing mengandung warna tersendiri. Raster bersifat resolution-dependent atau bergantung pada resolusi. Artinya data menampilkan gambar yang terpaku pada resolusi tertentu.
  •     Model data raster merupakan data yg sangat sederhana, dimana setiap informasi disimpan dalam petak-petak bujursangkar (grid), yg membentuk sebuah bidang.
  •     Petak-petak (grid) tsb disebut dengan pixel (picture element).
  •     Posisi pixel dinyatakan dgn baris ke-m dan kolom ke-n.
  •     Data yg tersimpan dlm format ini, spt: data scan (gambar), gambar digital (citra dgn format BMP, JPG, dll), citra satelit digital (Landsat, SPOT, dll).
  1. 2. Data Vektor
Data Vektor Melakukan proses pengolahan data atau gambar menggunakan garis dan kurva,  yang memuat informasi warna, dimensi serta posisi.  Vektor bersifat resolution-independent atau tidak tergantung pada resolusi.  Vektor dapat pula berupa satu titik tunggal.
  •    Diwakili oleh simbol titik (point), fitur garis (line) dan fitur area / surface (polygon).
  •    Data-data tersebut tersimpan dalam komputer sbg koordinat kartesius.




0 komentar:

Posting Komentar